Kegiatan Hari Raya Idul Adha di SMK N 1 Bantul

      Bantul, Hari Raya Idul Adha 1438 hijriah pada tanggal 1 September 2017 kali ini sangat istimewa bagi warga SMK N 1 Bantul. Hal tersebut dirasakan oleh setiap peserta didik, guru, karyawan, hingga mahasiswa PPL. Warga SMK N 1 Bantul memperingati Hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan serangkaian kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu 2 September 2017. Kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pengajian bersama kelas X, kelas XI dan kelas XII tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, penyembelihan hewan qurban, dan lomba masak setiap kelas. Serangkaian kegiatan ini diselenggarakan oleh Rohis dan OSIS SMK N 1 Bantul.
     Kegiatan pengajian bersama diikuti kelas X untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Wijaya Kusuma yang dipimpin oleh Pak Markhaban, BA. Pengajian tersebut diikuti oleh siswa kelas X dengan hikmat dan khusyuk. Kegiatan pengajian yang dilaksanakan tersebut untuk memperdalam iman dari setiap peserta didik kelas X. Dilaksanaknnya pengajian tersebut diharapkan bahwa setiap siswa dan siswi dapat memahami lebih dalam makna Hari Raya Idul Adha.
     Kegiatan kedua yakni penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid Ath-Tholibin SMK N 1 Bantul. SMK N 1 Bantul dalam memperingati Hari Raya Idul Adha ini berqurban satu sapi. Penyembelihan sapi tersebut juga dipimpin oleh Pak Markhaban, BA yang disaksikan langsung oleh ibu kepala sekolah, perwakilan komite sekolah, perwakilan guru, perwakilan karyawan, mahasiswa PPL, serta perwakilan siswa maupun siswi dari setiap kelas. Setelah penyembelihan dan menguliti sapi selesai, siswa maupun siswi dari setiap kelas dan perwakilan guru memotong-motong daging sapi untuk dibagikan kepada warga sekitar SMK N 1 Bantul dan setiap kelas untuk lomba masak antar kelas.
     Serangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan lomba memasak antar kelas. Lomba memasak ini diharapkan setiap kelas untuk memasak masakan yang berbahan dasar daging sapi secara kreatif. Setiap kelompok masak yang mengikuti lomba terdiri dari 10 orang. Lomba memasak ini, siswa maupun siswi sangat antusias sekali. Mulai dari siswa yang jarang masak dan siswi yang jarang masak juga semua saling membaur jadi satu untuk mengikuti lomba memasak antar kelas tersebut. Hasil memasak mereka pun tidak kalah dengan masakan-masakan yang ada di restauran maupun rumah makan.

Narasumber : PPL Sanata Dharma dan Muhammad Aris, S.Pd.I