Akreditasi Perpustakaan Widya Mandhala Pustaka

SMK N 1 Bantul – Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Perpustakaan SMK Negeri 1 Bantul bernama Widya Mandhala Pustaka pada tanggal 8 Februari 2021 yang lalu telah melaksanakan akreditasi perpustakaan untuk kedua kalinya.  Pelaksanaan akreditasi perpustakaan diketuai oleh Bapak Wakhid Bashori, S.Pd., M.E. selaku kepala perpustakaan dan Bapak Mujari, M.Pd. selaku penanggungjawab dan kepala sekolah. Selain itu, akreditasi perpustakaan tidak lepas dari kerja sama tim akreditasi yang menyiapkan dokumen-dokumen perpustakaan untuk memenuhi Instrumen Akreditasi Perpustakaan Nasional RI dengan bimbingan ibu Wiwik dari BPAD D.I. Yogyakarta.

Instrumen Akreditasi Perpustakaan Nasional RI terdiri dari 6 komponen, 84 jumlah indikator kunci dengan bobot 100 yang harus dipenuhi oleh perpustakaan Widya Mandhala Pustaka dalam melaksanakan akreditasi perpustakaan. 6 komponen yang dimaksud terdiri dari komponen Koleksi dengan jumlah indikator 20, Komponen Sarana  dan Prasarana dengan jumlah indikator 27, Komponen Pelayanan Perpustakaan dengan jumlah indikator 14, komponen Tenaga Perpustakaan dengan jumlah indikator 9, Komponen Penyelenggaraan dan Pengelolaan dengan jumlah indikator 9, dan komponen Komponen Penguat dengan jumlah indikator 5.

Dokumen akreditasi telah dikirim ke Perpustakaan Nasional RI sejak tanggal 8 Januari 2021, dan mendapatkan jadwal pelaksanaan akreditasi pada tanggal 8 Februari 2021. Acara akreditasi perpustakaan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Akreditasi perpustakaan Widya Mandhala Pustaka merupakan akreditasi mandiri  yang dilaksanakan secara online melalui zoom. Tim Asessor Akreditasi terdiri dari Drs. Supriyanto, M.Si., Drs. Tisyo Haryono, MLS, Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib., dan Alfi Nur Afridyan, S.HP..



Pelaksanaan Akreditasi Perpustakan berjalan dengan lancar. Berdasarkan penilaian sementara yang dilakukan asessor, perpustakaan Widya Mandhala Pustaka berhasil mendapat nilai akreditasi sangat memuaskan. Namun demikian, Kepala sekolah menghimbau agar tetap menunggu keputusan resmi dengan diterbitkannya Sertifikat Akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI.

Perlu diketahui, perpustakaan Widya Mandhala Pustaka memiliki nama, moto, visi dan misi sebagai berikut :

Nama Perpustakaan : Widya Mandhala Pustaka memiliki arti perpustakaan tempatnya ilmu pengetahuan;

Moto : Ambuka wiwaraning ngelmu, angupaya sudibyaning budi yang memiliki arti membuka pintu ilmu, mengupayakan ketajaman pikir;

Visi : Terwujudnya perpustakaan sekolah yang berkarakter, berkualitas dan berwawasan lingkungan; dan

Misi :

1. Mempunyai koleksi buku yang lengkap dan up to date

2. Memberikan pelayanan yang optimal kepada pengunjung

3. Menjadikan perpustakaan online dan offline

Semoga dengan dilaksanakannya akreditasi perpustakaan ini dapat meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Aamiin.

Kunjungi Gallery Photo