SMK N 1 BANTUL MEWISUDA 564 SISWA

SMK N 1 BANTUL MEWISUDA 564 SISWA, RATUSAN LULUSAN KOMPETEN SIAP KERJA DAN  SIAP MELANJUTKAN PENDIDIKAN  LAHIR HARI INI

 

Wisuda hari ini seolah menjadi oase di tengah kekhawatiran kualitas pendidikan saat pandemi. Segenap civitas akademika SMK N 1 Bantul patut bernapas lega melihat hasil proses belajar yang telah dicapai. Wisuda hari ini, Senin 6 Juni 2022 menjadi bukti bahwa pandemi tidak menjadi halangan untuk berprestasi dan menjaga kualitas lulusan tetap baik.  Sebanyak 564 siswa menjalani prosesi wisuda sekaligus menjadi penanda bahwa mereka lulusan kompeten yang siap kerja atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Wisuda yang dilaksanakan di lapangan SMK N 1 Bantul berlangsung khidmat. Berbagai potensi siswa seperti tari, karawitan, dan olah vokal ditampilkan untuk memeriahkan susasana. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK N 1 Bantul, Bapak Mujari, M.Pd, menyampaikan bahwa banyak siswa yang telah diterima di perguruan tinggi bahkan saat kelulusan belum diumumkan. Begitu juga, banyak siswa yang sudah diterima kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. “Hadirin yang berbahagia, sebanyak 53 siswa sudah diterima di perguruan tinggi negeri seperti UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga. Beberapa siswa sudah diterima untuk mengikuti pelatihan program pemerintah yaitu BLKPP di Tangerang. Hal yang juga membanggakan, puluhan siswa sudah diterima kerja di berbagai perusahan baik dalam negeri maupun di luar negeri. Setelah wisuda ini berakhir, kita yakin kabar bahagia serupa akan segera menghampiri telinga kita dari siswa-siswa yang lain.”

Di akhir sambutan, Kepala Sekolah SMK N 1 Bantul menambahkan ucapan terima kasih sekaligus mengembalikan amanah kepada wali siswa. “Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/ Ibu dan masyarakat yang sudah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan di SMK N 1 Bantul. Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, wisuda hari ini menjadi bukti bahwa SMK N 1 Bantul berhasil menjawab amanah masyarakat, kurikulum, dan tuntutan perkembangan zaman. Untuk itu, dengan bangga kami mengembalikan amanah ini kepada Bapak, Ibu, serta masyarakat untuk terus mendampingi belajar dan pendidikan putra-putri kita.”

Dalam wawancara di sela-sela wisuda, Bapak Suparyadi, wali Oktavia Riski Ananda kelas XII, menyampaikan kesan dan terima kasih kepada SMK N 1 Bantul. “Saya sempat cemas melihat perkembangan anak ketika belajar daring saat pandemi. Dua tahun pandemi cukup berpengaruh terhadap perkembangan anak kami baik akademis maupun nonakademis. Namun, hari ini saya lega bahwa anak kami dapat melalui tantangan tersebut dengan baik. Tentu, hal itu berkat bimbingan guru serta dukungan karyawan di SMK N 1 Bantul. Untuk itu, saya mengucapkan banyak terima kasih dan ikut mendoakan semoga SMK N 1 Bantul terus lebih baik.