Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2022

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 421/06528 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Propinsi DIY tertanggal 7 Juli 2022, pada 5 (lima) hari pertama masuk sekolah, siswa kelas 10 SMK/SMA menjalani kegiatan MPLS yang disyaratkan jauh dari perploncoan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenali potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lain, serta menumbuhkan perilaku positif.
Pembukaan MPLS di SMK Negeri 1 Bantul dilaksanakan dalam Upacar Bendera pada hari Senin, 11 Juli 2022 yang dihadiri siswa kelas 10 dan 11, guru karyawan, dan perwakilan orang tua siswa baru. Dalam acara ceremonial, Ketua Komite Sekolah, Bapak Ponidi, M.Pd, mewakili orang tua, menyerahkan siswa baru kepada pihak sekolah dan diterima oleh Kepala SMKN 1 Bantul, Bapak Mujari, M.Pd. sebanyak 576 siswa baru, diwakili oleh 2 (dua) siswa untuk penyematan tanda peserta MPLS.
Dalam 5 (lima) hari pelaksanaan MPLS di SMKN 1 Bantul, siswa baru memperoleh materi: Kesadaran berbangsa dan bernegara, Wawasan wiyata mandala, Kebijakan sekolah, Pencegahan tindak kekerasan, Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, Tata tertib sekolah, pencegahan narkoba dan pola hidup sehat, Pendidikan karater kewirausahaan, Kepramukaan dan kebencanaan, Budaya keistimewaan Yogyakarta, sekolah ramah anak, sekolah anti perundungan dan kekerasan, kegiatan pentas seni dan kunjungan museum ke Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat dan Museum Soeharto.
Setelah menjalani MPLS selama 5 (lima) hari, diharapkan siswa baru lebih siap dan nyaman untuk mengikuti KBM mulai hari Senin, 18 Juli 2022.